Tidak ada Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Berimplemantasi Kepada Dana BOS

Disusun Oleh: Dawai

Kepala Sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan. Peranan kepala kekolah dalam mengembangkan dan memajukan sekolah menjadi satuan pendidikan yang berkualitas cukup besar.

Kualitas pendidikan di sekolah sangat tergantung kepada kualitas diri kepala kekolah. Kepala Sekolah yang berkualitas adalah kepala sekolah yang memiliki keunggulan dalam lima kompetensi. Kompetensi tersebut terdiri atas kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan kompetensi sosial.

Selain kompetensi tersebut, seorang kepala sekolah harus memiliki bekal kepemimpinan, bukan penguasa. Tugas pokok kepala sekolah adalah memimpin dan mengelola guru dan staf untuk bekerja sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan sekolah.

Pada saat memimpin, kepala sekolah harus mampu menerapkan tipe kepemimpinan sesuai dengan karakteristik guru dan staf di sekolahnya. Tipe kepemimpinan itu situasional, artinya kepemimpinan dapat efektif pada situasi tertentu namun kurang efektif untuk situasi yang lain.

Kepala sekolah harus memiliki kepribadian yang kuat sehingga menjadi pribadi yang percaya diri, berani, murah hati, dan memiliki kepekaan sosial. Pengetahuan yang luas tentang bidang tugasnya maupun bidang terkait lainnya juga harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah.

Selain itu kepala sekolah juga harus mempunyai bekal keterampilan profesional terkait dengan bidang tugasnya. Keterampilan profesional terdiri atas keterampilan teknis, hubungan masyarakat, dan keterampilan konseptual.

Menurut Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 18.356 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah harus memenuhi persyaratan :

  1. memiliki kualifikasi akademik paling rendah sarjana (S-I) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi paling rendah B;
  2. memiliki sertifikat pendidik;
  3. bagi Guru Pegawai Negeri Sipil memiliki pangkat paling rendah Penata, golongan ruang HIIc;
  4. pengalaman mengajar paling singkat 6 (enam) tabun menurutjenis danjenjang  sekolah masing­ masing, kecuali di TKJTKLB memiliki pengalaman mengajar paling singkat 3 (tiga) tabun di TKlTKLB;
  5. memiliki hasil penilaian prestasi kerja Guru dengan sebutan paling rendah “Baik” selama 2 (dua)tahun terakhir;
  6. memiliki pengalaman manajerial dengan tugas yang relevan dengan fungsi sekolah paling singkat 2 (dua) tabun;
  7. sehat jasmani, rohani, dan  bebas  NAPZA  berdasarkan  surat  keterangan  dari  rumah  sakit  Pemerintah;
  8. tidak pemah  dikenakan  bukuman  disiplin  sedang  danlatau  berat  sesuai  dengan  ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. tidak sedang menjadi tersangka  atau tidak pemah menjadi terpidana; dan
  10. berusia paling tinggi  56 (lima  puluh  enam) tahun pada waktu pengangkatan pertama sebagai Kepala Sekolah;
  11. memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah, sebagaimana diatur dalam Bab III, Pasal 8 ayat (9).

Kalau pengangkatan yang tidak memenuhi persyaratan di atas dapat mengakibatkan tidak syahnya untuk  menduduki jabatan  Kepala Sekolah, yang akan berimplikasi pada pengelolaan dana BOS, penerbitan rapor, penerbitan ijazah dan tidak berhak atas tunjangan kepaJa sekolah.

Sedangkan untuk pemenuhan kepemilikan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan CaJon Kepala Sekolah bagi Kepala Sekolah yang sudah menduduki jabatan  sebagaimana diatur dalam Bab XI Ketentuan PeraIihan Pasal 21 ayat (e): “Kepala   Sekolah  yang   sedang   menjabat   sebagaimana dimaksud dalam huruf a yang belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (7), wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan penguatan  Kepala Sekolah”. Pelatihan  penguatan kepala sekolah diberikan  masa transisi selama 2 (dua) tahun sejak Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 diundangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.