Tata Cara Penetapan Penerimaan Peserta Didik Baru

Disusun Oleh           :Dawai News

Pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun 2019 dibuka pada umumnya bulan Mei . Pelaksanaan PPDB tersebut mengacu pada peraturan terbaru tentang PPDB yakni. Permendikbud RI No 51 tahun 2018, beberapa hal harus diperhatikan dalam penerimaan peserta didik baru :

Penetapan zonasi ;

  1. Penetapan zonasi  dilakukan  pada  setiap  jenjang  oleh Pemerintah          Daerah   sesuai   dengan   kewenangannya, dengan          prinsip   mendekatkan   domisili   peserta   didik dengan Sekolah.
  2. Penetapan zonasi oleh Pemerintah Daerah pada setiap jenjang wajib memperhatikan jumlah ketersediaan daya tampung yang disesuaikan           dengan   ketersediaan   jumlah   anak   usia Sekolah pada setiap jenjang di daerah tersebut.
  3. Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya wajib memastikan semua wilayah administrasi masuk dalam penetapan zonasi sesuai dengan jenjang pendidikan.
  4. Dinas  Pendidikan   wajib   memastikan   bahwa   semua Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dalam proses PPDB telah menerima peserta didik dalam zonasi yang telah ditetapkan.
  5. Penetapan  zonasi   pada   setiap   jenjang wajib diumumkan paling lama 1 (satu)                  bulan   sebelum   pengumuman   secara   terbuka pendaftaran PPDB.
  6. Dalam  menetapkan    zonasi    pada    setiap  jenjang, Pemerintah Daerah melibatkan musyawarah atau kelompok kerja kepala Sekolah.
  7. Penetapan zonasi dilaporkan  kepada   Menteri   melalui   lembaga penjaminan mutu pendidikan setempat.

Jalur Prestasi :

(1)    Jalur   prestasi   dengan   kuota   paling   banyak   5% yang ditentukan berdasarkan:

  1. nilai ujian  Sekolah  berstandar  nasional  atau  UN;
  2. hasil perlombaan dan/atau penghargaan di bidang akademik maupun  nonakademik   pada   tingkat internasional,         tingkat  nasional,  tingkat  provinsi, dan/atau tingkat kabupaten/kota.

(2)    Peserta   didik   yang   masuk   melalui   jalur   Prestasi merupakan peserta didik yang berdomisili di luar zonasi Sekolah yang bersangkutan.

Pindah tugas orang tua :

  • Jalur perpindahan  tugas  orang  tua/wali  ditujukan bagi calon  peserta  didik  yang  berdomisili  di  luar  zonasi Sekolah yang bersangkutan.
  • Perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan dengan   surat   penugasan   dari   instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.