Edisar, Memakmurkan masjid itu hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid

Dawai News, Arosuka – Berjalannya berbagai aktivitas keagamaan di sebuah masjid menjadi indikator telah membaiknya kehidupan berlandaskan Syariah di suatu daerah. Oleh karena itu, sebagai daerah yang melaksanakan Syariat Islam, maka kemakmuran masjid harus menjadi lambang syiar agama Islam di Nagari talang Babungo.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Solok, Edisar,  dalam sambutannya saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baitul Ihsan, Jorong Taratak Jarang, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, baru baru ini.

“Kemakmuran masjid baik dari aspek pelaksanaan shalat jamaah maupun aktivitas keagamaan lainnya merupakan syiar agama yang harus secara terus menerus di kembangkan . Untuk mewujudkannya, maka orientasi fungsi harus lebih menonjol dan dominan dibandingkan orientasi fisik bangunannya,” ujar Edisar.

Dalam kesempatan tersebut, Edisar menyampaikan apresiasi kepada Masyarakat Jorong Taratak Jarang, yang akan merenofasi masjid untuk meujudkan Masyarakat Magrib Al-Qur’an dan Subuh berjemaah

Dalam sambutanhya, Edisar juga mengutip surat At-Taubah ayat 18 yang artinya ‘Yang berhak memakmurkan masjid-masjid Allah SWT hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat dan tetap mengerjakan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut kepada siapapun kecuali hanya kepada Allah, maka mereka diharapkan termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.’

“Ayat ini menegaskan bahwa yang dapat memakmurkan masjid itu hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, ini menyangkut aspek aqidah. Mendirikan shalat dan menunaikan zakat adalah aspek syariah, sedangkan tidak takut selain kepada Allah, adalah aspek akhlak. Artinya, makmur atau tidaknya sebuah masjid, adalah cerminan dari kekuatan aqidah, syariah, dan akhlak jamaah masjid,” katanya.

Edisar juga mengimbau kepada semua pihak, bahwa dengan usaha bersama dan upaya semua pihak untuk memakmurkan dan memberdayakan masjid secara terus-menerus, maka akan menjadikan Masjid sebagai sebuah institusi untuk meningkatkan pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah di Nagari Talang Babungo.

Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut juga di hadiri oleh Camat hiliran Gumanti, Safrudin, Walinagari talang babungo, Zulpatriadi, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Arlon dan Tokoh masyarakat. Dawai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.