Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertip Arsip (GNSTA) di Kabupaten Solok

Foto Bersama Sekda Kabupaten Solok

Dawai News, Arosuka – Untuk menertibkan arsip dilingkungan pemerintah daerah, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Ini merupakan langkah awal penertiban sarana-prasarana dan pengelolaan pendanaan kearsipan.

“Kegiatan kearsipan harus segera diwujudkan. Diantaranya tertib dalam kebijakan, organisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), sarana-prasarana, dan pengelolaan pendanaan kearsipan,” ujar Kepala ANRI, Mustari Irawan di ruang Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok, Arosuka, Kamis, 21 Februari 2019..

Pencanangan GNSTA bertujuan untuk membangun komitmen dan menumbuhkembangkan gerakan nasional sadar arsip. Ini sesuai dengan amanat perka ANRI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Saat ini, nilai hasil pengawasan kearsipan merupakan salah satu komponen dalam penilaian reformasi birokrasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 30 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendayagunaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pedoman Reformasi.

“Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk ikut dalam pencanangan GNSTA ini. Semoga ini menjadi langkah awal bagi pemerintah Kabupaten Solok dalam penyusunan arsip dan ANRI,” sebut Mustari.

Kepala ANRI Mustari Irawan menyampaikan, tujuan kegiatan ini selain membangun kesadaran tentang pentingnya tertib mengelola arsip, juga untuk mengajak bersama menyelamatkan arsip di seluruh kementerian dan lembaga.
Menurut Mustari, membangun kesadaran untuk mengelola arsip cukup penting, karena saat ini arsip masih dilihat sebelah mata, tak hanya bagi organisasi tetapi juga dalam birokrasi pemerintahan. Tak hanya itu, pentingnya arsip belum dirasakan oleh masyarakat.

Peranan yang belum dilihat ini ungkap Mustari, menyebabkan seakan-akan arsip menjadi sebuah karya dunia yang dipinggirkan oleh masyarakat dan juga oleh organisasi. Penyelenggaraan kearsipan di Indonesia, selama ini belum sepenuhnya memberikan andil dan berperan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

Ditambahkan pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman,SE.MM, lewat GNSTA diharapkan bisa menyadarkan masyarakat sehingga manfaat dari gerakan tersebut mampu dirasakan oleh semua pihak.

Pengelolaan arsip yang tertib melalui penyimpanan dan kemudahan akses informasi merupakan bukti akuntabilitas sekaligus bentuk pertanggungjawaban instansi/lembaga dalam penyelengaraan negara, tambah Sekda..

Adanya akuntabilitas sebagai area perubahan dalam penyelenggaraan negara diharapkan mewujudkan birokrasi yang bersih, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang melayani dan berkualitas.”Bahwa adanya GNSTA yang dipelopori ANRI ini sejalan dengan agenda reformasi birokrasi dimana salah satu instrumen yang kita gunakan adalah akuntabilitas,” kata Sekda. Dawai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.