Yon Afrizal, SH, PMT-AS Program Perbaikan Asupan Gizi Anak

Kabid Pembangnan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Solok, Yon Afrizal, SH. dan Kasi Manajemen dan Sapras Disdikpora, Drs.Nasrul,MM

Dawai News, Arosuka – PMT-AS (Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah) adalah program perbaikan asupan gizi peserta didik di jenjang SD (sekolah dasar) bagi daerah-daerah tertinggal, kata Kabid Pembangnan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Solok, Yon Afrizal, SH.

Rapat Sosialisasi PMT-AS Diadiri oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian, Ruang Pertemuan DPMN, Arosuka, 19 Maret 2019.

Selain meningkatkan gizi, program ini pun berguna untuk mengenalkan anak-anak dengan makanan yang sehat dan bergizi. “Ini sebagai bagian dari komitmen untuk mencerdaskan anak didik kita,” ucap Kabid.

Dijelaskannya, persyaratan makanan tambahan tersebut dipersyaratkan mengandung 15 persen kalori dari kebutuhan kalori dan protein siswa serta mengandung energi 300 kilo kalori dan lima gram protein.

Selain itu, makanan juga harus terjamin kesehatannya, dan cita rasanya disesuaikan dengan target penerimanya. “Besarnya dana PMT-AS untuk tiap peserta didik per kali makan dengan kandungan kalori yang telah ditentukan termasuk ongkos masak, sebesar Rp 3.500 untuk bahan makanan dan Rp500 untuk jasa,”, tambahnya.

Diungkapkannya, bahan makanan yang digunakan untuk PMT-AS adalah hasil atau produk lokal. Ini sebagai salah satu program yang tidak hanya ingin meningkatkan gizi anak, tetapi juga menggerakkan ekonomi lokal dengan memanfaatkan produk lokal.

“Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 370.176.000 berasal dari APBD dan Dana Nagari, dengan kelompok sasaran siswa SD sebanyak 1.446 murid,” paparnya. Dawai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.