Bupati Solok Menghadiri Halal Bihalal di Dinas PU PR Kabupaten Solok

Dawai News, Arosuka – Hari Raya Idul Fitri merupakan hajat besar umat muslim sebagai aktualisasi perasaan kemenangan dan kegembiraan. Kemenangan diperoleh setelah umat Islam menaklukkan hawa nafsunya selama bulan puasa. Sementara kegembiraan diperoleh bagi mereka yang telah diampuni dosanya dan kembali ke fitrah.

Hal tersebut di sampaikan oleh Bupati Solok, H. Gusmal,SE.MM, pada saat halal bihalal keluarga besar Dinas PU PR Kabupaten Solok, Aula Dinas PU PR, Arosuka, beberapa waktu lalu.

Bupati Solok, memandang perlunya umat Islam memaknai hari raya lebaran dari fitrah menuju fitrah.

“Ramadhan merupakan bulan suci dan manusia dalam keadaan suci, bertauhid kepada Allah. Akan tetapi diperjalanan, banyak kejadian yang membuat kesucian itu menjadi kotor,” jelasnya.

Ia berharap, dengan momentum bulan Ramadhan, umat Islam mampu menyucikan dirinya. Sekecil apapun ibadah yang dilakukan, akan selalu dihitung Allah SWT. “Air wudhu yang menetes dari jari seseorang saja dapat menghapus dosa-dosa kita. Melakukan ibadah dari Jumat ke Jumat juga menghapus dosa-dosa kita,” ia mencontohkan.

Begitupula melakukan ibadah puasa Ramadhan. “Barangsiapa yang bershaum di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan harapan (balasan dari Allah) maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” ungkapnya.

Kendati demikian, ketika bulan Ramadhan berakhir, janganlah lagi berbuat sesuatu yang menggugurkan kesucian selama bulan Ramadhan. Justru dengan berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim harus meningkatkan amalan.

Bupati menambahkan, untuk menggenapkan kesucian di bulan Ramadhan, memberi zakat fitrah juga salah satu bentuk penyucian diri jikalau ibadah puasa kita tidak sempurna.

Halal bihalal juga dihadiri oleh Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, Kadis PU PR dan selurah jajarannya. dawai

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.