Gusmal, Tujuan Halal Bihalal timbul keharmonisan hubungan kita dengan sesama

Gusmal dalam Halal Bihahalal di Dinas BKD

Dawai News, Arosuka – Makna yang tercakup dalam kata halal antara lain berarti “menyelesaikan problem”, “meluruskan benang kusut”, “melepaskan ikatan” dan “mencairkan yang beku”, kata Bupati Solok,H. Gusmal,SE.MM dalam acara Hahal Bihalal di Dinas BKD Kabupaten Solok, Arosuka, Kamis, 13 Juni 2019.

Bupati menambahkan, makna tersebut dipilih karena sesuai dengan hakekat hari raya Idul Fitri. Karena itu, makna halal bihalal merupakan suatu bentuk aktivitas yang mengantarkan para pelakunya untuk meluruskan benang kusut, menghangatkan hubungan yang tadinya membeku sehingga cair kembali, menyelesaikan kesulitan dan problem yang menghadang terjalinnya keharmonisan hubungan.

Aktivitas halal bihalal erat kaitannya silaturahim. Saat ber-halal bihalal, kita berkumpul dengan kerabat, sahabat, teman dekat, rekan kerja atau tetangga sekampung, ujar Bupati. 

Boleh jadi antara kita dengan mereka semua itu ada hubungan yang dingin dan kusut yang ditimbulkan oleh sifat yang haram. Boleh jadi di antara kita dengan mereka yang ikut ber-halal bihalal ini pernah timbul perselisihan karena sikap tidak adil kita, kerenggangan hubungan karena kita lama tidak mengunjungi atau menyapa, atau kesalahpahaman akibat ucapan dan lirikan mata yang tidak sengaja, ujar Gusmal.

Semua itu memang tidak haram dalam pandangan Islam, tapi kita dituntut untuk menyelesaikannya dengan baik, meluruskan yang kusut, mencairkan suasana yang beku. Tujuannya tak lain supaya timbul keserasian dan keharmonisan hubungan kita dengan sesama, tukuknya.

Inilah makna sebenarnya dari halal bihalal. Atau jika istilah ini memang belum diserap dengan baik dalam perbendaharaan bahasa dan kita enggan menggunakannya, anggaplah itu merupakan hakikat Idul Fitri. Semakin banyak kita berjabat tangan dan melapangkan dada memohon maupun menerima maaf, semakin dalam pula kita menghayati dan mengamalkan hakikat Idul Fitri dalam selubung kata halal bihalal ini, tambah Bupati. dawai

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.