Elwin Andri, Pendidikan Keluarga Merupakan Usaha Sadar yang di lakukan Keluarga Untuk Membimbing Putra Putrinya

Dawai News, Arosuka – Pendidikan keluarga merupakan usaha sadar yang dilakukan orang tua, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Solok yang di wakili oleh Kabid Pembinaan PUAD dan Dikmas, Elwin Andri,S.Pd.MM dalam acara pertemuan dengan Kelompok Kera (Pokja) Pendidikan Keluarga dan SKPD terkait, Aula Disdikpora, Arosuka, Senin, 24 Juni 2019.

Keluarga harus terpanggil untuk membimbing, mengarahkan, mengendalikan, membibing (direction control and guidance, konservatif (mewariskan dan mempertahankan cita-citanya), dan progressive (membekali dan mengembangkan pengetahuan nilai dan ketrampilan bagi putra-putri mereka sehingga mampu menghadapi tantangan hidup di masa datang, tambahnya.

Selain itu, keluarga juga diharapkan dapat mencetak anak agar mempunyai kepribadian yang nantinya dapat dikembangkan dalam lembaga-lembaga berikutnya, sehingga wewenang lembaga-lembaga tersebut tidak diperkenankan mengubah apa yang telah dimilikinya, tetapi cukup dengan mengkombinasikan antara pendidikan keluarga dengan pendidikan lembaga tersebut, sehingga masjid, pondok pesantren, dan sekolah merupakan tempat peralihan dari pendidikan keluarga, tambahnya.

Namun demikian, orang tua perlu bekerja sama dengan pusat pendidikan tempat mengamanatkan pendidikan anaknya, seperti belajar PUAD, SD/MI, SMP/MTS dan sekolah lainnya, tambah Elwin.

Elwin menembahkan, tujuannya untuk  memantau setiap perkembangan pendidikan anak dan tidak melepaskan tanggung jawab Keluarga (orang tua) terhadap pendidikan anaknya.

Hal tersebut dikarenakan keluarga adalah pendidik pertama dan utama bagi anak, orang tua adalah model yang harus ditiru dan diteladani, tukuknya.

Sebagai model, orang tua seharusnya memberikan contoh yang terbaik bagi anak dalam keluarga. Sikap dan perilaku orang tua harus mencerminkan akhlak yang mulia. Oleh karena itu, Islam mengajarkan kepada orang tua agar selalu mengajarkan sesuatu yang baik-baik saja kepada anak mereka, katanya. dawai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.