Pisang Kepok dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Disusun Oleh : Dawai

Pisang Kepok merupakan salah satu jenis dari variasi buah pisang yang ada di Indonesia. Bentuknya cukup besar, akan tetapi gempal dan banyak kandungan gizi dalam setiap buah pisang matang

Menurut ahli gizi RS.Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, SSiT, kandungan gizi adalah kalori 99kal, Protein 1,2gram, Lemak 0,2gram, Karbohidrat 25,8 miligram(mg), Serat 0,7gram, kalsium 8mg, fosfor 28mg, besi 0,5mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08mg, Vitamin C 3mg, dan air 72gram.

Pisang tersebut dapat dikategorikan lagi ke dalam dua macam variasi yaitu pisang kepok yang berwarna kuning dan pisang kepok yang berwarna putih. Warna tersebut dapat dilihat dari daging buah pisang.

Kedua macam pisang ini sama-sama memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Perbedaannya hanya terletak pada rasa yang manis untuk pisang kepok kuning dan rasa yang sedikit asam untuk pisang kepok putih.

Akan tetapi diyakini bahwa pisang kepok kuning memiliki khasiat yang lebih banyak dari pisang kepok putih.

Hasil gambar untuk Foto Pisang Kepok"

Manfaat pisang kepok kalau direbus adalah:

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada pisang kepok ini sangat efektif untuk membantu aktifitas dan kerja sistem pencernaan. Kandungan karbohidratnya juga cukup membantu mempertahankan gerak usus yang teratur dan menormalkan pembuangan feses.

  1. Mencegah sembelit dan diare

Pisang kepok diyakini dapat mencegah sembelit dikarenakan pada pisang ini terdapat zat yang disebut pektin. Pektin memiliki manfaat yang sangat baik bagi sistem pencernaan karena sifatnya yang dapat melunakkan serta menyerap air dengan baik.

  1. Mengatasi maag

Seperti yang telah disebutkan diatas, pisang kepok mengandung antasida alami yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah akibat asam lambung, termasuk penyakit maag.

  1. Kaya akan kalium

Kalium memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia diantaranya untuk pembentukan sel, pembentukan jaringan, dan pembentukan organ tubuh. Kalium disebut juga dengan potasium. Kalium ini dapat ditemukan pada buah pisang termasuk pisang kepok.

  1. Membantu atasi stress

Pisang kepok diyakini dapat membantu mengatasi stress karena kandungan nutrisinya seperti pektin dan kalium yang juga memiliki kemampuan sebagai penghilang stress.

  1. Baik untuk ginjal

Senyawa kalium juga sangat membantu kesehatan ginjal dan dapat mencegah batu ginjal. Selain itu buah pisang termasuk pisang kepok juga memiliki senyawa lainnya yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal, yaitu fenolik antioksidan.

  1. Menguatkan tulang

Tulang membutuhkan kalsium agar tetap sehat dan kuat menopang tubuh kita. Akan tetapi kalsium tentu saja tidak ditemukan pada buah pisang.

Pisang kepok dapat membantu menguatkan tulang bukan karena kalsium tapi karena memiliki kandungan prebiotik yang dinamakan fructooligosaccharide. Prebiotik inilah yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih baik.

  1. Mengontrol tekanan darah

Pada pisang kepok mengandung kalium yang tinggi akan tetapi kandungan sodiumnya rendah. Kombinasi ini menjadikan pisang kepok sangat baik dalam menormalkan tekanan darah Anda sehingga terhindar dari resiko hipertensi.

  1. Meningkatkan energi

Seperti yang kita tahu, untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Karbohidrat yang cukup banyak juga dapat ditemukan pada buah pisang termasuk pisang kepok.

  1. Baik untuk mata

Kandungan vitamin pada pisang kepok memiliki kemampuan untuk membantu kesehatan mata. Diyakini bahwa kandungan nutrisi yang terdapat pada pisang kepok juga sangat baik untuk mencegah degenerasi macula atau pandangan menjadi kabur.

  1. Mengontrol gula darah

Kandungan gula pada pisang kepok sangatlah rendah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu pisang kebok juga memiliki karbohidrat yang dapat membuat perut kenyang sehingga mengurangi konsumsi karbohidrat lain seperti nasi yang memiliki kandungan gula lebih tinggi.

  1. Mengendalikan mood

Dikemukakan bahwa pisang memiliki senyawa asam amino yang membantu memicu produksi serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang membantu pikiran menjadi lebih tenang dan membuat suasana hati lebih stabil dan tenang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.