Situs Pemantuan Virus Corona

Foto: Data Terkini Penyebaran Virus Corona

Dawai News, Jakarta -Virus corona (COVID-19) kini dinyatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi global. Oleh karena itu beberapa instansi pemerintah maupun organisasi dunia memfasilitasi sebuah platform untuk masyarakat bisa memantau penyebarannya.

Peta penyebaran wabah virus corona dibuat agar tersedianya informasi tentang perkembangan virus ini seperti berapa orang yang terinfeksi, jumlah yang sembuh, dan juga angka korban yang meninggal.

Berikut 9 situs untuk memantau penyebaran virus corona atau COVID-19 terpercaya :

  1. Situs milik Pemprov DKI Jakarta

Situs yang bekerja secara real time ini bisa diakses di https://corona.jakarta.go.id/. Selain peta penyebaran virus corona di DKI Jakarta, informasi tentang lokasi mereka yang positif COVID-19 dan mereka yang menunggu hasil test. Menyertakan pula nomor telepon yang bisa dihubungi sebagai usaha Jakarta Tanggap COVID-19.

  1. Situs milik Pemprov Jawa Barat

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akhirnya meluncurkan situs peta sebaran virus corona COVID-19 di tanah pasundan. Nama situsnya https://pikobar.jabarprov.go.id. Selain data terbaru penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jawa Barat, disertakan juga nomor telepon untuk kondisi darurat dan menanyakan pertanyaan umum.

  1. Situs milik Johns Hopkins University and Medicine

Peta dunia penyebaran virus corona atau COVID-19 bisa diakses di https://coronavirus.jhu.edu/map.html. Coronavirus Resource Center ini adalah peta interaktif yang memungkinkan pengguna mendapat informasi terkini, sekaligus bertanya informasi seputar virus corona.

  1. Situs milik WHO

Bagi yang menginginkan informasi dari badan kesehatan dunia WHO bisa klik di https://experience.arcgis.com/experience/685d0ace521648f8a5beeeee1b9125cd. Situs ini juga menyediakan grafik kasus virus corona atau COVID-19 tiap hari.

  1. Situs milik Healthmap

Situs penyebaran virus corona atau COVID-19 milik healthmap bisa diakses di https://www.healthmap.org/covid-19/. Situs ini memberikan animasi penyebaran virus corona mulai dari China dan negara lain. Pengguna juga bisa mengetahui siapa saja yang menyumbang informasi dalam situs tersebut.

  1. Situs milik Nextstrain

Situs penyebaran virus corona atau COVID-19 dari nextstrain bisa diklik di https://nextstrain.org/. Situs ini agak teknis karena menyediakan perubahan genom dari virus COVID-19. Informasi dalam situs menjabarkan kondisi virus mula dari saat ditemukan kali pertama di Wuhan hingga menyebar di seluruh dunia.

  1. Situs milik CDC

Peta penyebaran virus corona atau COVID-19 milik Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bisa diakses di https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/cases-updates/world-map.html. Di sini juga ada informasi yang paling dasar dan teknis, untuk mencegah infeksi virus corona atau COVID-19.

  1. Situs milik Microsoft

Microsoft menyediakan peta interaktif Bing map yang menyediakan informasi penyebaran virus corona di dunia. Untuk mengakses informasi ini cukup klik di https://www.bing.com/covid. Sumber informasi diambil dari WHO, CDC, badan kesehatan Eropa ECDC, dan Wikipedia.

  1. Situs milik New York Times

Sebagai media yang menjadi sumber informasi. New York Times juga membuat hal serupa melalui tautan https://www.nytimes.com/interactive/2020/world/coronavirus-maps.html tersedia bagi yang ingin mengetahui informasi penyebaran virus corona di dunia. Informasi juga tersedia dalam bentuk grafik dan charts yang mudah dibaca.

Sumber                      : CNBC Indonesia

Editor             : ar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.