Dinas Pertanian Kabupaten Solok Vidcon Dengan Kementerian ATR/BPN

Foto Vidcom

Dawai News, Arosuka – Dinas Pertanian Kabupaten Solok  melakukan Video Conference (Vidcon) dengan Kementerian ATR/BPN tentang Hasil Verifikasi dan Klarifikasi Data Lahan Sawah Terhadap Data Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Solok, Ruang Pertemuan Barenlitbang, Arosuka, Kamis, 11 Juni 2020.

Vidcon Tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Si Is, SP.MM, Kepala Barenlitbang, Erizal, Kepala Dinas PPKB dan P3A, Kepala BPN, Kabag Perekonomian dan Kabid PSP.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Si Is, SP, Vidcom Hasil Verifikasi di lakukan untuk menyamakan data tentang lahan baku sawah di Kabupaten Solok dengan Pespektif data pada Kementerian ATR/BPN.

Si Is menambahkan bahwa sekarang Pemerintah Kabupaten Solok sudah melakukan Pemetaan verifikasi luas Lahan Baku Sawah dengan Unand seluas 20.959,08 hektare, sedangkan data dari Kementerian ATR/BPN seluas 20.539,08 hektare.

“Itu sudah diverifikasi dan sudah ada data yang disepakati di Kabupaten Solok , sedang data pada Kementerian ATR/BPN kurang dari data Pemerintah Kabupaten Solok,’ kata Kadis.

Karena itu, tambanh Kadis,  Pemerintah Kabupaten Solok akan menyatu kan data dengan Kementrerian ATR/BPN, menggunakan hasil dari citra satelit dengan resolusi yang sama.

“Sebelumnya kan terjadinya perbedaan data dikarenakan kita menggunakan pencitraan satelit yang berbeda hingga akhirnya terjadi bias,” ucapnya.

Kadis juga mengatakan untuk data yang sudah ada dan clear katakanlah data hijau tidak dipertanyakan lagi di Vidcom karena sudah satu persepsi, ada data kuning, kalau ini membutuhkan verifikasi dengan citra satelit juga bisa diberlakukan, tapi untuk data merah dibutuhkan turun ke lapangan. dz

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.