Pemimpin Visioner, Transformasional Dan Siap Melayani

ilustrasi

Disusun Oleh: DF dan MTS

Memperbincangkan kepemimpinan tidak pernah putus-putusnya dilakukan dalam sebuah forum organisasi maupun khalayak umum. Menurut George R. Terry,  kepemimpinan adalah  aktivitas mempengaruhi orang-orang supaya diarahkan mencapai tujuan organisasi. Suatu bangsa  akan berhasil atau bahkan gagal, sebagian besar ditentukan oleh kepemimpinan yang ada. Pemimpin bangsa yang diharapkan rakyat adalah pemimpin yang jujur, berwibawa, adil, mengayomi, dan memikirkan kesejahteraan rakyatnya.

Menjadi seorang pemimpin dengan kriteria di atas bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan secara instan. Diperlukah latihan khusus tak hanya dari segi kemampuan, tapi dari segi pengalaman dan ilmu yang dimiliki. Misalnya saja bagi mereka yang tertarik menjadi pemimpin dalam sektor energi dan sumber daya mineral.

Sektor penting dan strategis dalam menjaga stabilitas Negara ini ternyata membutuhkan para pemimpin yang ‘lihai’ dan berani dalam mengelola sektor ESDM sehingga dapat melayani masyarakat Indonesia agar makmur dan sejahtera. Dalam mempersiapkan para pemimpin visioner, transformasional, dan siap melayani tersebut, ada peran Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (PPSDM), yang bertugas mengembangkan pelatihan kompetesi softskill kepemimpinan di lingkungan ESDM.

Pusat pelatihan yang berlokasi di Bandung sejak tahun 2016 ini terus menyajikan program pelatihan berkonsep knowledge, experience, dan refreshing. Dalam prosesnya, para peserta diklat kepimpinan akan dibekali pengetahuan dari para pelatih berpengalaman dengan fasilitas smart class dan saran prasarana pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Tak Cuma sekedar teori saja, untuk mengembangkan konsep rencana aksi dalam diri mereka, para peserta diberikan tantangan melakukan Diagnostic Reading. Wujud nyata inovasi kepemimpinan tersebut terlihat dalam proyek Magma Indonesia.

Magma Indonesia merupakan inovasi yang dibuat pejabat pengawas di Badan Geologi demi membantu masyarakat mengetahui posisi bencana geologi dan mitigasinya.

Dari penjabaran di atas, dapat terlihat seperti apa pemimpin itu. Pemimpin haruslah seseorang yang visioner, transformasional, memiliki rekam jejak baik dan mau melayani masyarakat. Pemimpin memiliki hubungan yang baik terhadap rakyatnya agar ia bisa membuat nyaman dan aman rakyatnya.

Perlu di ingat, bahwa setiap individu masyarakat memiliki kepribadian yang beragam dalam menganggapi kinerja pemimpin. Opini masyarakat tentang kinerja pemimpin bisa jadi boomerang bagi pemimpin itu sendiri.  Menjadi seorang pemimpin harus benar benar berbaur dengan rakyatnya, pemimpin harus mendengarkan apa yang menjadi keluh kesah bagi rakyat dan harus bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang dirasakan oleh rakyat tersebut.

Pemimpin yang baik dan benar merupakan seorang yang bisa berkomunikasi dengan perorangan ataupun kelompok secara jelas, tegas, dan dimengerti. Setiap perkataan seorang pemimpin akan sangat berpengaruh kedepannya karena setiap ucapan yang dikeluarkan akan selalu dicermati oleh rakyat. Rakyat punya hak untuk mengetahui dan berpendapat setuju atau tidaknya terhadap kebijakan yang akan dikeluarkan, pemimpin yang baik akan berkomunikasi dan mempertimbangkan apa yang jadi keinginan rakyatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.