Ramadhan Bulan Penuh Keberkahan, Ampunan, Rahmat dan Kasih sayang Allah SWT

Dawai News, Arosuka – Sesungguhnya sebuah kenikmatan yang luar biasa, karena kita berada dibulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan, ampunan, rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Di bulan ini lah Allah mewajibkan kepada orang yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa, dengan tujuan untuk membentuk pribadi muslim yang bertaqwa, kata Daswippetra, Dt.Mjj Alam dalam ceramah agamanya di Mesjid raya Katialo, Sabtu Malam, 26 Mei 2018

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS Al-Baqarah [2]: 183).

Pada bulan Ramadhan ini juga Allah SWT menurunkan Alquran yang menjadi petunjuk bagi umat manusia, dan terutama bagi orang-orang yang bertakwa. Yakni, orang-orang senantiasa menginginkan hidupnya dapat meraih kebahagiaan dan kesuksesan hakiki, baik di dunia maupun di akhirat, tambahnya

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil) … (QS Al-Baqarah [2]: 185).

Di bulan ini pula dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan diikat serta dibelenggu setan-setan (sehingga sulit menggoda dan mengganggu orang yang berpuasa), jelas Mjj Alam.

Keberkahan dan keistimewaan lainnya, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Itulah malam Lailatuil Qadar. Dengan berbagai keistimewan dan keberkahan itu, beruntunglah orang-orang yang dengan tulus ikhlas memanfaatkannya untuk memperbanyak ibadah kepada Allah, tukuknya.

Sebaliknya, barangsiapa yang terhalang mendapatkan kebaikan di bulan ini, maka sungguh merugilah ia. (HR Imam Ahmad dari Abu Hurairah).

Bulan Ramadhan, menjadi bulan latihan untuk mengendalikan diri dari ucapan, hawa nafsu, dan perbuatan yang tidak ada manfaatnya. Dengan demikian, seluruh waktunya hanya dipergunakan untuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. Dan ia memaksimalkan waktunya itu untuk memberikan manfaat  optimal bagi sesama umat manusia, ujarnya.

Oleh karena itu, marilah kita di bulan Ramadhan 1439 H ini, dengan penuh suka cita dan kegembiraan untuk meraih keberkahan dan keutamaan dari Allah SWT. Mari kita bulatkan tekad dan niat kita untuk melaksanakan ibadah shaum dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, pungkasnya. Dawai

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.