Islam Adalah Agama Yang Mengajarkan Ukhuwah Islamiyah

Dawai News, Solok – Islam adalah agama yang mengandung makna kedamaian, keharmonisan, kerukunan, persaudaraan dan Persatuan. Karena Agama Islam Mengajarkan Ukhuwah Islamiyah atau Silaturahim, kata Pengurus PPP Provinsi Sumatera Barat, H. Daswippetra, Dt.Mjj Alam,SE.M.Si, waktu safari Ramadhan di Masjid Nurul Ikhlas, Nagari Kuncir, Kematan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumbar, Senin malam, 28 Mei 2018.

Sudah menjadi kewajiban kita Umat Islam untuk senantiasa menjaga tali silaturahim atau hubungan persaudaraan, seperti yang di perintahkan oleh Allah SWT dan dicontohkan oleh manusia Pilihan yaitu Rosulullah SAW, tambah Daswippetra di hadapan Wali nagari Kuncir, BMN, tokoh masyarakat dan jemaah tarwih Masjid Nurul Ikhlas.Selain banyak Anjuran untuk menjaga silaturahim atau persaudaraan , Nabi Muhammad SAW juga mengingatkan kepada umatnya bahwa agama Islam mengharamkan umatnya untuk memutuskan tali silaturahim atau persaudaraan sesama muslim, tukuknya.

Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surat Al Hujaraat ayat 10, yang artinya “ sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah Supaya kamu mendapatkan rahmat”. Hal ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW.

Mulai saat ini marilah kita semua memulai untuk senantiasa menyambung, memper erat dan menjaga ikatan persaudaraan kita di jalan Islam , karena ini adalah urgensi dari sebuah persaudaraan Islam, jelas Dt.Mjj Alam.

Kehadiran ajaran silaturahmi yang menjadi kebiasaan atau budaya masyarakat khususnya Umat Islam diharapkan mampu memperkuat perekonomian, persatuan dan kesatuan dalam membangun sebuah bangsa yang lebih kokoh dan kuat, tambanya.

Perkembangan teknologi dan informasi bisa berdampak positif dan juga negatif. Dalam hal ini, alangkah indahnya kemajuan teknologi bisa kita manfaatkan bersama untuk semakin mempererat silaturahmi antar sesama.

Mari kita berdoa bersama semoga kita semua dimasukkan kedalam golongan orang – orang yang senantiasa mendapatkan balasan kebaikan dari Allah swt karena telah menjaga hubungan selaturahim atau hubungan persaudaraan didalam beragama Islam, dan semoga dengan kuatnya tali silaturahim dapat mengkokohkan persatuan dan kesatuan kita semua baik dalam beragama, berbangsa maupun bernegara, pungkasnya.

Dalam safari Ramadhan tersebut Daswippetra juga menyumbangkan Al-Qur’an dan uang yang langsung diterima oleh pengurus Masjid serta Wali Nagari Kuncir. Dawai.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.