oleh

Ziarah Kubur Merupakan Adat Nan Diadatkan DI Nagari Gauang

-Budaya-37 views

Dawai News, Arosuka – Ziarah kubur merupakan adat nan diadatkan merupakan warisan budaya dari perumus adat Minangkabau yaitu Datuak. Katumanggungan dan Datauk Perpatih Nan Sabatang.

Budaya ziarah kubur di Nagari Gauang termasuk adat nan di adatkan dan tata laksanakan perlakuannya termasuk adat nan teradat. Hal tersebut di sampaikan oleh masyarakat Nagari Gauang, D.DT. Rajo Batipueh, di Rumahnya ketika ditemui oleh Dawai News, Jum’at, 14 Mei 2021.

Menurut DT. Rajo Batipueh, Kegiatan ziarah kubur dilaksanakan oleh warga Nagari Gauang untuk doa bersama agar arwah baik itu keluarga yang maupun masyarakat yang telah dipanggil oleh Allah SWT diberikan pengampunan atas dosa-dosanya, diterima amal ibadahnya, serta diberikan tempat yang layak disisiNya.

Bagi keluarga yang berkubur di pemakaman tersebut membawa nasi bungkus, kue, pisang dan makanan lainnya.

Makanan tesebut dibagikan kepada masyarakat yang dating ke ziarah kubur untuk di bawa kerumah masing masing, tambahnya.

Kegiatan ziarah kubur yang kami lakukan tidak bertentangan dengan agama Islam, Surah Al-Hajj ayat 32, Allah Swt berfirman:

ذلِكَ وَ مَنْ یعَظِّمْ شَعائِرَ اللَّهِ فَإِنَّها مِنْ تَقْوَی الْقُلُوبِ “Demikianlah (manasik haji itu). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya tindakan ini adalah sebagian dari tanda ketakwaan hati” , ujarnya.

Mamangan adat dalam ziarah kubur, Kito Pakawuakan urang tuo tuo kito, Nan tadahulu mati, Maninggakan cancan latieh ninik jo mamak, Korong kampuang, Banda buatan, Paga halaman, Taruko rambahan, Nan kareh lah kito jadikan ladang, Nan lunak kito jadi sawah, Samo barakak di Anak Kamanakan andaknyo, kito Pakawuakan arwah urang tuo tuo kito di sarugo juo lah baliau ditempekkan andaknya, kata DT.

Sedangkan untuk hari ini , Jum’at, 14 Mei 2021 kuburan yang diziarahi Guguak Limau Sirek, Koto Darek dan Junguik, pungkas DT. Rajo Batipueh. sc

Spread the love

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.